Pengertian Class Diagram

Header Menu


Pengertian Class Diagram

Jumat, 26 April 2024

Pengertian Class Diagram

Class diagram adalah diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem / perangkat lunak yang sedang kita gunakan. Class diagram memberi kita gambaran (diagram statis) tentang sistem/perangkat lunak dan relas-relasi yang ada didalamnya.

Definisi Class Diagram

Class adalah kumpulan objek - objek dengan dan yang mempunyai struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic / kata yang umum. Class-class ditentukan / ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class digambarkan seperti sebuah bujur sangkar dengan tiga bagian ruangan. Class sebaiknya diberi nama menggunakan kata benda sesuai dengan domain/bagian/kelompoknya (Whitten L. Jeffery et al, 2004).

Class Diagram

Class Diagram adalah diagram yang menunjukan class - class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika. Class diagram menggambarkan struktur statis dari sebuah sistem. Karena itu class diagram merupakan tulang punggung atau kekuatan dasar dari hampir setiap metode berorientasi objek termasuk UML (Henderi, 2008). Sementara menurut (Whitten L. Jeffery et al 2004:432) class diagram adalah gambar grafis mengenai struktur objek statis dari suatu sistem, menunjukan class - class objek yang menyusun sebuah sistem dan juga hubungan antara class objek tersebut.

Elemen - Eleman Class Diagram

Dalam pemodelan UML terdiri dari: Class - class, struktur class, sifat class (class behavior), perkumpulan / gabungan (association), pengumpulan / kesatuan (agregation), ketergantungan (dependency), relasi - relasi turunannya, keberagaman dan indikator navigasi, dan role name (peranan / tugas nama).
Simbol - simbol class diagram :
  1. Class : Class adalah blok - blok pembangun pada pemrograman berorientasi obyek.Sebuah class digambarkan sebagai sebuah kotak yang terbagi atas 3 bagian. Bagian atas adalah bagian nama dari class. Bagian tengah mendefinisikan properti / atribut class. Bagian akhir mendefinisikan method - method dari sebuah class.
  2. Class Diagram

  3. Association : Sebuah asosiasi merupakan sebuah relationship paling umum antara 2 class dan dilambangkan oleh sebuah garis yang menghubungkan antara 2 class. Garis ini bisa melambangkan tipe - tipe relationship dan juga dapat menampilkan hukum - hukum multiplisitas pada sebuah relationship. (Contoh: One-to-one, one-to-many, many-to-many).
    Relasi
  4. Composition : Jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari class yang lain, maka class tersebut memiliki relasi Composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut. Sebuah relationship composition digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi / solid.
    Komposisi

  5. Dependency : Kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Hal ini disebut dependency. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain. Sebuah dependency dilambangkan sebagai sebuah panah bertitik-titik. 
    Ketergantungan
  6. Aggregation : Aggregation mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi.
Agregasi
Contoh Class Diagram Sorum Mobil Bekas

Visibitilas Class

Pilihan visibilitas menentukan dapat tidaknya sebuah kelas dilihat dari luar paket. Ada 3 pilihan visibilitas untuk sebuah kelas yaitu :
  • Public : Menyatakan bahwa sebuah kelas dapat dilihat dari kelas-kelas lainnya dalam sistem.
  • Protected atau private : Menyatakan bahwa sebuah kelas dapat dilihat dari kelas-kelas majemuk (nested), friends, atau dari kelas itu sendiri.
  • Package atau implementation. : bahwa sebuah kelas dapat dilihat hanya oleh kelas yang lain dalam paket yang sama.