Pengertian Data Warehouse

Header Menu


Pengertian Data Warehouse

Minggu, 07 April 2024

Data Warehouse

Data Warehouse

Data Warehouse (Gudang Data) adalah database yang didesain khusus untuk mengerjakan proses query, membuat laporan dan  analisa. Data yang disimpan adalah data business history dari sebuah organisasi atau perusahaan, dimana data tersebut tidak tersimpan secara rinci / detail. Sehingga data dapat bertahan lebih lama berbeda dengan data OLTP (Online Transactional Processing) yang tersimpan sampai prosesnya berlangsung secara lengkap.

Sumber data pada datawarehouse berasal dari berbagai macam format, software, platform dan jaringan yang beda. Data tersebut adalah hasil dari proses transaksi perusahan / organisasi sehari.hari. Karena berasal dari sumber yang berbeda beda tadi, maka data pada Data Warehouse harus tersimpan dalam sebuah format yang baku.

Data Warehouse juga merupakan salah satu sistem pendukung keputusan, yaitu dengan menyimpan data dari berbagai sumber, mengorganisasikannya dan dianalisa oleh para pengambil kebijakan. Akan tetapi Data Warehouse tidak dapat memberikan keputusan secara langsung. Namun ia dapat memberikan informasi yang dapat membuat user menjadi lebih paham dalam membuat kebijakan strategis.

Adapun karakteristik umum yang dimiliki Data Warehouse adalah :
  • Data terintegrasi dari berbagai sumber yang berasal dari proses transaksional (OLTP)
  • Data dibuat konsisten
  • Merupakan aggregate data/kesimpulan data, bukan data yang terperinci
  • Data bertahan lebih lama
  • Data tersimpan dalam format yang tepat sehinngga proses query dan analisa dapat dilakukan dengan cepat
  • Data bersifat read only