Pengertian Flowchart (Bagan Alir Dokumen) dan DFD (Data Flow Diagram)

Header Menu


Pengertian Flowchart (Bagan Alir Dokumen) dan DFD (Data Flow Diagram)

Rabu, 10 April 2024

Flowchart (Bagan Alir Dokumen)

Bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan formulir termasuk tembusan-tembusannya (Jogiyanto H.M, 2005).

Gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut. Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart dijelaskan pada tabel  (Pahlevy. 2010).

Berikut simbol bagan alir dokumen :




Data Flow Diagram / Diagram Alir Data (DFD)

Data Flow Diagram merupakan alat yang digunakan pada metode pengembangan sistem yang terstruktur (structureed analysis and design). DFD merupakan alat yang cukup popular sekarang ini, karena dapat menggunakan arus data didalam sistem dengan terstruktur dan jelas. Lebih lanjut DFD merupakan dokumentasi dari sistem yang baik (Jogiyanto H.M, 2005).

Pengertian Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi - notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas (Pahlevy. 2010.).

DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis. Dalam sumber lain dikatakan bahwa DFD ini merupakan salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi- fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem. DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program (Pahlevy. 2010). Beberapa simbol dari Data Flow Diagram (DFD) dapat dilihat pada tabel :


Daftar Pustaka :

Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya, Indonesia : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.
Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta