Pengertian Structured Query Language (SQL)

Header Menu


Pengertian Structured Query Language (SQL)

Rabu, 17 April 2024

Structured Query Language (SQL)

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa komputer standar untuk manajemen database relasional dan manipulasi data. SQL digunakan untuk query, menyisipkan, memperbarui dan memodifikasi data. Sebagian besar basis data relasional mendukung SQL, yang merupakan manfaat tambahan bagi administrator database (DBAs), karena sering dibutuhkan untuk mendukung database di beberapa platform yang berbeda. Untuk menghasilkan sebuah informasi untuk sebuah sistem, data yang pada pada tabel - tabel harus di dibuat Query atau perintah dalam SQL. Kalian bisa baca juga pengertian query pada postingan saya lain nya.
ngodinggeh.com
ngodinggeh.com

Secara umum, perintah SQL di bagi menjadi 3 kategori, yaitu :

  1. Data Definition Language (DDL)

  2. Data Definiton Language (DDL) adalah perintah untuk membuat, menghapus dan memodifikasi tabel atau view. Contohnya CREATEALERTRENAME dan DROP.

  3. Data Manipulation Language (DML)

  4. Data Manipulation Language (DML) adalah perintah untuk melakukan query seperti SELECT, INSERT, DELETE dan UPDATE suatu data dalam tabel. 

  5. Data Control Language (DCL)

  6. Data Control Language (DCL) merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pengaturan hak akses user, baik terhadap server, database, table maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain : GRANT dan REVOKE