BYD Mobil Listrik China Acak-acak Mobil Listrik Di Indonesia, Intip Performa dan Spesifikasinya

VIRALPEDIAZ.COM -Meskipun menjadi pendatang baru di Indonesia, BYD telah memiliki reputasi yang besar di dunia. Salah satu keunggulan mereka adalah kemampuan baterai dan integrasi dengan mobil listrik yang mereka sebut sebagai CTB.

CTB adalah teknologi yang telah dikembangkan oleh R&D BYD selama bertahun-tahun. Singkatan dari Cell-To-Body, teknologi ini merupakan inovasi integrasi baterai dengan sasis kendaraan. Salah satu produk yang menggunakan teknologi CTB ini adalah BYD Seal.

Secara sederhana, desain teknologi ini menggabungkan sasis bodi dengan baterai. Dengan desain ini, volume paket baterai dapat dimanfaatkan sebesar 66% lebih banyak dan keamanan struktural meningkat sebesar 50% saat terjadi benturan dari depan.

"Teknologi ini memberikan perlindungan tambahan bagi baterai, meningkatkan keselamatan dan performa kendaraan yang lebih baik," kata Tatsuya Mikami, Chief Adviser, After Sales, & Technical BYD Auto Japan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, teknologi ini juga memberikan keuntungan dalam pemanfaatan ruang sebesar 25% lebih efisien dibandingkan dengan teknologi CTP (Cell-To-Pack) yang digunakan pada dua model mobil listrik lainnya, Dolphin dan Atto 3.

Dengan integrasi baterai yang lebih optimal dengan sasis mobil, teknologi CTB secara efektif mengurangi getaran pada bodi kendaraan. Kecepatan maksimum saat uji perubahan jalur adalah 133 km/jam, sementara batas uji menghindari rintangan adalah 83,5 km/jam.

"Semua mobil listrik BYD juga telah mendapatkan peringkat keselamatan bintang 5 dari Euro NCAP," kata Mikami.

Untuk dua mobil listrik BYD lainnya yang dipamerkan di IIMS 2024, yaitu Dolphin dan Atto 3, menggunakan teknologi yang disebut CTP. Teknologi ini juga menjadi perbedaan utama antara Seal dengan kedua mobil tersebut, terutama dalam hal harga.

BYD Dolphin dijual dengan harga Rp 425 juta, BYD Atto Rp 515 juta, dan BYD Seal Rp 629 juta hingga Rp 719 juta. Semua harga tersebut adalah harga on the road Jakarta.

Related Posts