Pengertian Use Case

Header Menu


Pengertian Use Case

Senin, 22 April 2024

Apa itu Use Case?


Use Case adalah metodologi yang digunakan dalam analisis sistem untuk mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengatur persyaratan sistem. Use Case terdiri dari serangkaian kemungkinan interaksi antara sistem dan pengguna dalam lingkungan tertentu dan terkait dengan tujuan tertentu. Ini terdiri dari sekelompok elemen (misalnya, kelas dan antarmuka) yang dapat digunakan bersama dengan cara yang akan memiliki efek lebih besar dari jumlah elemen yang terpisah dan telah digabungkan. Kasus penggunaan harus berisi semua aktivitas sistem yang memiliki arti penting bagi pengguna. Sebuah use case dapat dianggap sebagai kumpulan skenario yang mungkin terkait dengan tujuan tertentu, pasti, terkadang dianggap sinonim.

Karakteristik Use Case

  1. Mengatur persyaratan fungsional.
  2. Model tujuan interaksi sistem.
  3. Merekam jalur (skenario) dari peristiwa pemicu ke tujuan.
  4. Menjelaskan satu aliran utama peristiwa (juga disebut tindakan dasar), dan mungkin yang lain, disebut aliran peristiwa luar biasa (juga disebut tindakan alternatif).
  5. Multi-level, sehingga satu use case dapat menggunakan fungsionalitas yang lain.
Use case dapat digunakan selama beberapa tahap pengembangan perangkat lunak, seperti persyaratan sistem perencanaan, mem-validasi desain, menguji perangkat lunak, dan membuat garis besar untuk bantuan online dan manual pengguna.

Mulai Dengan Metodelogi Use Case

Untuk menjelajahi bagaimana use case digunakan di perusahaan, berikut adalah beberapa sumber tambahan untuk belajar tentang metodologi use case :
  • Kelebihan dan Kekurangan Diagram Use CaseMemasukkan terlalu banyak diagram use case seringkali dapat membuat teknik use case yang berguna hampir tidak berguna. Kevlin Henney merekomendasikan pendekatan yang lebih seimbang dan terkendali agar tidak kehilangan pembaca dalam segudang gelembung dan teks mikroskopis.

  • Diagram Use Case menuju Konteks Diagram : Sangat menggoda untuk mempertimbangkan penggunaan diagram kasus sebagai diagram konteks karena mereka memang menunjukkan konteks. Tetapi memiliki satu diagram untuk keduanya akan menghasilkan unreadable cloud of bubbles.

  • Jebakan Kasus Penggunaan Harus Dihindari : Menggunakan kasing kasus selama analisis persyaratan perangkat lunak membantu Anda meningkatkan peluang untuk mengembangkan perangkat lunak yang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka. Tetapi ada jebakan yang harus Anda hindari, kata pakar Karl E. Wiegers.